//
you're reading...
Uncategorized

Ilmuwan Peringatkan “Keadaan Darurat Kemanusiaan”

London (AFP/ANTARA) – Ilmuwan terkemuka pada Kamis menyerukan KTT Rio mendatang akan bergulat dengan penyakit lingkungan yang kata mereka menunjuk ke “keadaan darurat kemanusiaan dalam skala global.”

Dalam sebuah deklarasi “State of the Planet” yang dikeluarkan setelah konferensi empat hari, para ilmuwan mengatakan Bumi sekarang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dari air, polusi dan hilangnya spesies dalam rantai makanan.

Mereka meminta tindak lanjut KTT Bumi 1992 pada 20-22 Juni untuk merombak tata kelola lingkungan dan menyapu sebuah fiksasi dengan PDB (Produk Domestik Bruto) sebagai barometer tunggal kesejahteraan.

“Fungsi berkelanjutan dari sistem Bumi telah telah kesejahteraan peradaban manusia di abad-abad terakhir yang berisiko,” kata pernyataan yang dikeluarkan di Konferensi “Planet Under Pressure”.

“Ancaman-ancaman ini berisiko pada intensifikasi ekonomi, krisis ekologi dan sosial, menciptakan potensi untuk darurat kemanusiaan dalam skala global.”

Konferensi ini mengumpulkan hampir 3.000 ilmuwan lingkungan, ekonom, eksekutif bisnis dan pembuat kebijakan dalam Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan di Rio.

Dalam pesan yang direkam, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan ia menyambut deklarasi, dan mengatakan bahwa “waktu yang … tidak bisa lebih baik.”

“Perubahan iklim, krisis keuangan dan pangan, air dan energi keamanan mengancam kesejahteraan manusia dan peradaban seperti yang kita tahu,” katanya.

Ban menambahkan bahwa ia sedang mempertimbangkan menunjuk sebuah badan ilmiah atau penasihat ilmiah utama untuk menasihatinya dan organ PBB lainnya.

Deklarasi konferensi mengatakan dampak manusia di Bumi sekarang begitu besar sehingga era baru – “yang disebut Anthropocene”, sebuah istilah yang berasal dari kata Yunani untuk manusia – telah muncul.

Globalisasi telah menunjukkan bahwa ekonomi dan masyarakat sekarang “sangat saling berhubungan dan saling tergantung,” katanya.

Perubahan ini telah membawa stabilitas dan inovasi tetapi menciptakan sebuah sistem yang rentan terhadap stres mendadak, seperti krisis keuangan global dan lonjakan harga pangan yang telah ditampilkan.(nn/ml)

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/ilmuan-peringatkan-keadaan-darurat-kemanusiaan-094015686.html

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Galeri Foto SUMUK

%d bloggers like this: