//
you're reading...
Uncategorized

Hasil Rasan-Rasan Artivism

Image

Hari Minggu kemarin, tanggal 25 Mei 2014, kami mengadakan acara diskusi bertemakan artivism di Legipait. Tema ini kami pilih karena bagi kami artivism, sebagai sebuah konsep yang menggabungkan art dengan activism, menarik untuk diperbincangkan. Jadilah, kami mengadakan acara diskusi tentangnya dengan mengajak Titi Permata dari Festival Mata Air, Salatiga, sebagai pembicara. Kami memilih Titi karena kami pikir pengalaman Titi dan teman-teman komunitas Tanam Untuk Kehidupan (TUK) dalam mengelola Festival Mata Air (FMA) adalah contoh bagus pengaplikasian artivism.

Selain mengajak Titi, kami pun mengundang seniman, mahasiswa, penulis, dan kalangan lainnya untuk ikut serta. Senangnya, undangan kami direspon baik. Pada hari Minggu itu, terhitung sekitar 28 orang datang untuk berbincang. Latar belakang mereka pun cukup beragam. Ada anak reggae dengan gimbalnya, mahasiswa, penulis, seniman lukis, komikus, penyanyi, pecinta alam, dan pemilik warung kopi. Dengan beragamnya latar belakang ini, tak heran kalau rasan-rasan kami tentang artivism berlangsung cukup lama: 3 jam.

Dalam 3 jam itu, diskusi berjalan cukup padat. Maksudnya, cukup terarah dan fokus, sehingga di akhir diskusi kami sudah punya agenda workshop untuk bulan Juni. Kami senang dengan hasil ini karena kami memang ingin mulai membiasakan kerja nyata untuk menyelamatkan lingkungan. Kami sadar lingkungan tak bisa selamat hanya dari kegiatan diskusi saja. Harus ada kelanjutan dari obrolan yang lama.

Bagi teman-teman yang ingin tahu cerita rasan-rasan kami di hari Minggu itu, silahkan klik disini. Itu adalah link rekaman audionya. Maaf untuk kualitas yang kurang baik dan suara ribut-ribut di belakang. Legipait terletak di pinggir jalan, jadi maklum kalau suara lalu lintas yang ramai ikut terekam.

Ya sudah. Begitu saja. Selamat mendengarkan. Kami tunggu partisipasinya di bulan Juni dan bulan-bulan setelahnya.

Salam,

MalangSUMUK

 

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Galeri Foto SUMUK

%d bloggers like this: